Stress Melanda Psoriasis Pun Menjelma


Posted by admin on Jumat, 27 Maret 2015 | 09:09:15

NDC.co.id - Kita tidak pernah tahu jika stress tidak hanya menyebabkan penyakit jantung, darah tinggi, ataupun hipertensi tetapi stres  juga bisa menyebabkan penyakit yang biasa dikenal dengan psoriasis. Psoriasis adalah penyakit kulit yang penderitanya mengalami percepatan dalam pergantian kulit.

Penyakit ini kadang muncul untuk jangka waktu lama atau muncul-hilang. Penyakit ini tidak mengancam jiwa ataupun bahkan tidak menular. Namun karena bisa tumbuh di sembarang bagian tubuh maka penyakit ini bisa menurunkan kualitas hidup serta mengganggu kekuatan mental seseorang.

 

Biasanya penderita psoriasis dalam kondisi parah membutuhkan banyak dokter, mulai spesialis kulit dan kelamin, dokter jantung untuk mengawasi tingkat kadar kolesterol, penyakit dalam jika psoriasis sudah menyerang saraf sendi sehingga terkena rematik, serta dokter jiwa untuk membantu pasien dalam proses penyembuhanya.

Bentuk awal psoriasis adalah bulat, hingga menyebar kebagian lain, berwarna merah, disertai sisik yang tebal berlapis-lapis dan kering. Karena tebalnya bisa kita kelopek perlapisnya. Walau tidak menimbulkan gatal tapi karena menebal rasa itu menjadi muncul. Penyakit kulit ini biasanya muncul pada usia produktif karena pada usia ini biasanya stress timbul dari stres karena pekerjaan sampa karena banyak pikiran. Pada perempuan biasanya pada saat menjelang menstruasi. Tidak menutup kemungkinan penyakit ini bisa berawal dari bayi hingga usia tua.

 

Bagian tubuh yang terkena psoriasis adalah bagian yang sering terkena trauma/benturan, misalnya bagian dengkul, buku-buku dijari tangan, sekitar bagian kuku, pinggang belakang hingga lipatan, juga dada, muka, alis, telapak tangan, bahkan kulit kepala. Sepintas psoriasis mirip eksim (biasanya basah) namun yang membedakan adalah psoriasis berbentuk lebih tebal dan tidak basah. Psoriasis merupakan keabnormalan pada pelepasan sel-sel lapisan kulit. Secara normal, pelepasan biasanya terjadi setiap 28 hari atau sebulan sekali namun pada penderita psoriasis pergantian kulit antara 3 hingga 4 hari sekali. 

 

Tipe psoriasis yang biasa ditemukan adalah berbentuk vulgaris (plak), bintik-bintik (guttate), bentuk pada bagian lipatan (flexura)dan bentuk penyebaran atau eritroderma (seluruh kulit). Psoriasis biasa muncul dibagian tubuh mana saja dari kulit kepala, tubuh serta badan sampai daerah kelamin

 

Sumber : www.infokesehatankulit.com

 


Tinggalkan Komentar